Minggu, 19 April 2015

REGENERASI DAN PRESTASI KIR SMP WISATA SANUR YANG SELALU BERINOVASI DAN BERKARYA MENUJU TAHUN 2015
            Dari saat KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) yang terbentuk pada tanggal 23 Januari 2011 sebagai salah satu ekstrakurikuler di bidang akademis dan selalu memakai terobosan baru dalam setiap kegiatan. Kegiatan KIR ini adalah meliputi kegiatan pengetikan dalam komputer, penulisan ilmiah, penelitian ilmiah (riset) dan mempelajari semua cabang ilmu yang dijadikan objek penelitian (IPA-Lingkungan, IPS-Humaniora, Teknologi-Rekayasa dan Pendidikan). Dengan kegiatan KIR yang cukup banyak dan harus dibina ekstra keras untuk menempuh prestasi di bidang KIR setiap tahunnya terutama bagaimana menciptakan sebuah inovasi baru dibidangnya dan bagaimana cara mengatur waktu siswa dalam belajar terhadap kegiatan KIR yang ada. Siswa KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)  adalah tidak harus pintar saja diharapkan, melainkan ada kemauan dan mempunyai keterampilan serta siap mental dalam setiap kegiatan KIR yang ada. Pintar tanpa ada kemauan dan motivasi sebagai siswa KIR sangat susah berprestasi yang dapat berkarya di dalamnya.
            Dengan regenerasi anggota KIR pada tanggal 20 Januari 2015 sebelum perayaan HUT SMP Wisata Sanur ke-48 (23 Januari 2015). Dari angkatan I yang diketuai oleh Komang Tri Paramitha, angkatan II diketuai oleh Ida Bagus Alit Dwipayana, angkatan III diketuai oleh I Kadek Singa Sunjaya, angkatan IV diketuai oleh Gede Ngurah Andika Putra dan angkatan V pada tahun 2015 sebagai ketua terbaru adalah Agus Erik Wistika Putra. Semua angkatan tersebut memberikan ciri khas tersendiri dan selalu memberikan prestasi terbaik bagi SMP Wisata Sanur walaupun setiap kali harus berjuang dengan banyak permasalahan dalam setiap melakukan penelitian ilmiah. Prestasi yang gemilang dibidang KIR bagi SMP Wisata Sanur adalah sebuah anugerah Ida Sang Hyang Widhi dan peranan seluruh komponen sekolah yang membantu selama ini. Salah satunya Bapak Drs. Gusi Made Raka sebagai Kepala SMP Wisata Sanur dan Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) sebagai pilar yang menaungi SMP Wisata Sanur. Di angkatan V sebagai ketuanya Agus Erik Wistika Putra (VII B) menuju generasi baru KIR SMP Wisata Sanur dan telah dapat menyusun sebuah buku yang berjudul “Selayang Pandang 4th KIR SMP Wisata Sanur dengan buku ini diharapkan semua alumni yang berminat dan berpartisipasi dapat memesan sama pihak sekolah atau pengurus KIR.
            Kelompok Ilmiah Remaja sebagai ekstrakurikuler akademis yang setiap sekolah negeri atau swasta tingkat SMP dan SMA/SMK memilikinya sebagai ekstrakurikuler besar yang tergabung dalam Sains Computer Club (SCC). Bahkan ekstrakurikuler ini sebagai kegiatan kokurikuler di beberapa sekolah SMA yang ada di Denpasar dan bahkan di hampir seluruh dunia pendidikan SMP dan SMA wajib melakukan sebuah penelitiam (research). Karena ajang lomba KIR nasional dan internasional melakukan sebuah penelitian dan penulisan ilmiah seperti pada ajang ISPO (International Science Project Olympiad), LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), LPIR (Lembaga Penelitian Ilmiah Remaja) dan OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia). Dari sejak tahun dibentuk KIR SMP Wisata Sanur meraih peringkat nasional untuk kedua kalinya yaitu pada tahun 2013 kita berhasil meraih medali perak LPIR dibidang penelitian IPA Lingkungan dari 34 propinsi yang ada di seluruh Indonesia. Di angkatan IV dan V pun KIR SMP Wisata Sanur berhasil juga meraih prestasi juara I, harapan I dan harapan II LPIR tingkat Kota Denpasar (Disdikpora); juara III Blogger Komputer HUT SMAN 1 Denpasar; juara harapan II dan harapan III  KISS-1 SMAN 1 Denpasar; juara II, harapan I dan harapan III Karya Tulis Essai Univ. Udayana 2014; Juara harapan III HUT PWK UNHI 2014, Juara II Karya Tulis Ilmiah POS-4 SMAN 4 Denpasar dan di tahun 2015 berhasil meraih juara I Lomba Essai Pilar HUT Univ. Mahasaraswati. Itulah prestasi setiap regenerasi KIR dan menjadi bekal para siswa untuk ke jenjang yang lebih tinggi dalam mencari sekolah unggulan yang ada di seluruh Indonesia.


                                                                                                By : dek_Ays@wisata, 2015

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Feel Love Heart - Feel Love Heart - Powered by Feel Love Heart - Designed by Feel Love Heart -